Saturday, October 24, 2015

Mentan Janji Mengembangkan Kembali Peternakan Sapi di Wawolemo

Kendari - Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman berjanji akan mengembangkan kembali peternakan sapi Wawolemo di Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

"Kita akan hidupkan kembali peternakan sapi di Wawolemo itu mulai tahun depan," kata Mentan di Kendari, Sabtu malam.

Menteri Amran menyampaikan hal tersebut setelah mendengarkan keterangan dari Sekretaris Daerah Sultra, Lukman Abunawas yang menjelaskan bahwa Sultra dulu di tahun 1980-an memiliki lokasi peternakan seluas 1.200 hektare.

Saat peternakan tersebut difungsikan, kata Lukman, Sultra setiap tahun mampu mengantarpulaukan sapi ke berbagai daerah di Indonesia sebanyak kurang lebih 5.000 ekor.

"Setelah kurang lebih 15 tahun lahan peternakan tersebut tidak lagi di manfaatkan, maka Sultra tidak mampu lagi mengantarpulaukan sapi ke daerah lain di Indonesia," katanya.

Oleh karena itu, lanjutnya, Pemerintah Provinsi Sultra mengusulkan kepada Menteri Pertanian agar lahan peternakan yang sudah lama ditinggalkan itu dapat dimanfaatkan kembali untuk pengembangan ternak sapi sehingga program swasembada daging yang direncanakan pemerintah bisa cepat tercapai.

"Kalau lahan peternakan di Wawolemo dimanfaatkan kembali, kami optmistis Sultra akan kembali menjadi daerah pengeskpor sapi," katanya.

Mendengar penjelasan dari Sekretaris Daerah Sultra Lukman tersebut, Menteri Amran mengatakan pemerintah akan terus mengembangkan ternak sapi pada daerah-daerah potensial.

"Kalau memang Wawolemo potensial untuk pengembangan ternak sapi, kita akan hidupkan kembali mulai tahun depan," katanya.

Sumber : Antara (beritasatu.com)

BERITA-ARTIKEL LAINNYA